Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Informasi Lengkap Adenium Sebagai Contoh Tanaman Hias akar

Adenium adalah Salah Satu Contoh Tanaman Hias Akar 

Apakah disini masih ada yang kebingungan dalam menyebutkan contoh tanaman hias akar? atau tidak yakin kalau adenium juga merupakan salah satu Contoh Tanaman Hias Akar yang Cocok untuk Menghiasi Rumah ? untuk menghilangkan kegundahan ini sesuai title diatas mari kita buka semua informasi secara lengkap dan menyeluruh mengenai apa itu Adenium. 


Adenium kata aden didepan namanya ini merupakan sebuah jantung kota di yaman, jika kamu bingung dengan nama adenium maka sebagian besar masyarakat indonesia menyebutnya Kamboja Jepang, kenapa ya?


Hal ini dikarenakan kembang yang mekar pada jenis tanaman hias akar yang satu ini menyerupai kamboja di Indonesia. Dengan size yang lebih mini dan lucu disebutlah kamboja jepang oleh masyarakat indonesia. Kembang yang mekar dari adenium ini sangat bervariasi warnanya, mulai dari putih dengan garis luar pink terang, pink muda seperti bunga sakura, hingga merah menyala seperti darah. 


Peminat dari bunga ini juga tidak main-main, beberapa diantaranya memilih adenium karena harga bibit awalnya yang terjangkau. Bibit awal Adenium mematok harga sekitar delapan belas ribu rupiah hingga tiga puluh ribu rupiah saja. Tentunya jika ingin tumbuh menjadi tanaman hias akar yang memiliki nilai estetika yang tinggi kamu harus tingkatkan skill menanam terlebih dahulu ya. 


Untuk mempermudah kamu mempelajari adenium sebagai contoh tanaman hias akar, kamu wajib terlebih dahulu mengenali ciri fisik tanaman ini, diantaranya sebagai berikut :

  • Akar berukuran besar seperti balon lonjong, ini bisa dimanfaatkan agar tampak seperti bonsai karena karakter yang khas. 

  • Batangnya memiliki sifat lembek (lunak) dan memiliki daya elastisitas untuk membesar.

  • Mata tunas samping yang memiliki fungsi ganda sebagai media tumbuh kembali.

  • Pada bagian daun tidak bisa kalian bedakan secara spesifik karena bentuk nya yang banyak dan universal, besar juga kecil, bundar atau lonjong, halus berbulu dan tidak. 

  • Kembang dari adenium memiliki jumlah lima kelopak dengan bentuk menyerupai corong terompet. 

  • Memiliki batang tanpa pembatas antara floem dan xilem atau bisa kita sebut tanpa kambium.

  • Bunga memiliki kemiripan yang persis dengan kamboja Indonesia. 


Selain dari informasi diatas kamu juga harus mengetahui bagaimana cara yang benar mengurusi tanaman hias akar adenium. Melakukan pemotongan cabang  secara rutin dibarengi dengan alat potong yang lancip dan tajam, pastikan saat melakukan pemotongan kamu benar-benar mengetahui bagian yang boleh dan tidak untuk di pangkas. 


Lalu kamu juga haru sangat memperhatikan penggunaan pupuk tanaman dengan jumlah yang tepat dan gelombang yang konsisten. Pupuk yang dipilih haruslah menutrisi secara cukup dan tidak berlebihan. Cahaya matahari dan penggantian media tanam wajiblah terjadwal sesuai porsinya.