Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Tanaman Hias Akar yang Cocok untuk Menghiasi Rumah

Tanaman Hias Akar
Tanaman hias memang menjadi favorit banyak orang sebagai salah satu ornamen untuk memperindah suasana rumah. Baik itu untuk interior didalam rumah maupun untuk pekarangan rumah, tidak jarang tanaman hias akar juga ikut menghiasi perkantoran atau restoran dengan nuansa alam. 

Banyak sekali acuan atau contoh tanaman hias yang menonjolkan sisi artistik berdasarkan kelebihan masing-masing tanaman, mulai dari yang memfokuskan pada bagian kembang, daun, hingga akar. Tanaman yang memfokuskan seni keindahan pada akarnya sering disebut dengan tanaman hias akar, dengan ciri khas yaitu bentuk akar yang memiliki nilai artistik, elok, dan distingtif . 


Tapi walaupun tanaman hias akar berfokus pada nilai artistik akarnya, tidak sedikit tanaman hias akar yang juga memiliki kembang atau musim kembang. Hal ini turut menambah nilai estetika. Dengan berbagai jenis tanaman hias akar yang ada, kamu akan cantumkan beberapa contoh tanaman hias akar yang cocok untuk menambah keindahan rumah kamu. 

1. Tanaman hias akar Adenium (Kamboja Jepang)

Pembahasan pertama Contoh tanam hias akar pertama yang cocok untuk iklim Indonesia adalah Adenium atau akrab juga dengan sebutan Kamboja Jepang, selain sebagai ornamen penambah keindahan kamu bisa pakai Adenium sebagai fokus utama dari rumah kamu, jika kamu membeli Adenium dengan ukuran besar maka tanaman ini sudah cukup mencolok dengan vibe mewah yang cocok menjadi sorotan utama di ruang tamu. 


Pada dasarnya habitat asli dari Adenium berada di wilayang pegunungan sebab itulah Adenium cocok untuk kamu pilih sebagai salah satu koleksi tanaman hias akar yang kamu miliki. 


Adenium (Kamboja Jepang) memiliki kedistingtif an yang sangat kentara pada bagian akarnya yang terlihat lebih berisi dari akar biasanya. Penggemkembangn akar yang terjadi pada akar Kamboja Jepang sebagai perilaku aklimatisasi atau penyesuaian terhadap lingkungan tempat hidup Adenium. Selain itu menggembungnya akar Adenium memiliki peran sebagai tempat cadangan air dan makanan. 


Penggemkembangn biasanya lebih terlihat jelas jika penanaman awal dengan biji saja, tetapi kamu juga bisa melakukan stek pada bagian akar seperti kebanyakan tanaman hias akar yang lainnya. Seiring bertambahnya usia yang dilalui oleh Adenium ini akan membuat kedistingtif an tersendiri, dimana akar akan tumbuh dengan khas karena itu semakin lama usia Kamboja Jepang semakin khas atau daya tarik juga tanaman yang kamu punya. 


Tidak hanya daya tarik di bagian akar, Adenium juga memiliki nilai tambah dengan keestetikan pada kembangnya yang beragam. Keberagaman kembang pada tanaman hias akar adenium merupakan sebuah hasil okulasi atau pencampuran tunas yang satu dengan yang lainnya. Sehingga tidak heran kamu bisa menemukan berbagai macam jenis kembang dalam satu Adenium. 

2. Tanaman hias akar Karet Kebo

JIka kamu memiliki rumah dengan nuansa chinese atau kejepangan, maka karet kebo akan sangat cocok dengan tipe rumah kamu. Karet Kebo memiliki nama ilmiah ficus elastica, tanaman hias akar yang satu ini cocok untuk kamu yang punya jiwa seni dan kreativitas yang tinggi. Hal ini dikarenakan akar dan batang dari Karet Kebo bisa dibentuk sesuai kreativitas kamu, dengan mengpakai teknik bonsai. 


Beberapa orang membentuk dari potongan akar yang sengaja di pangkas dengan hati-hati. Namun jangan khawatir karena bagian akar yang telah kamu pangkas akan mengalami pertumbuhan kembali dengan lebih cepat dan terbentuk mengikuti pola yang telah kamu buat. Berbanding terbalik dengan nama Karet Kebo, tanaman ini memiliki citra menakjubkan sehingga banyak diminati pecinta tanaman. 

3. Tanaman hias akar Azalea

Contoh tanaman hias akar selanjutnya adalah salah satu yang terpopuler dikalangan tanaman hias akar. Azalea memiliki nilai estetika yang spektakuler tidak jauh berbeda dengan Adenium, azalea juga memiliki kembang sebagai nilai tambahnya. Azalea cocok ditempatkan untuk interior dalam ruangan dengan nuansa klasik putih atau cream. Selain itu untuk bagian akar dari Azalea bisa dibuat ulang berdasarkan kreativitas kamu  dengan dibarengi dengan teknik yang tepat. Azalea memiliki lima puluh spesies atau keragaman. 

4. Tanaman hias akar Bougenville 

Jika kamu bingung memilih diantara kembang, daun maupun akar dalam tanaman hias, disarankan kamu memilih tanaman hias akar Bougenville. Tanaman hias akar Bougenville memiliki pertumbuhan kembang dan daun yang lebat tapi juga memiliki peluang sebagai tanaman hias akar yang distingtif . Kamu bisa mendapat double fokus dengan satu tanaman saja, Bougenville cocok untuk nuansa rumah dengan konsep terang, hal ini karena Bougenville memiliki kembang dengan warna dominan terang. 

5. Tanaman hias akar Beringin. 

Berikutnya merupakan contoh tanaman hias akar yang cocok bagi rumah yang menggaet konsep kayu dengan dinding coklat tua, ataupun rumah bertema semi gold akan sangat klop dengan tanaman hias akar Beringin. Seperti halnya pohon beringin yang besar kuat dan kokoh, dituangkan dalam bentuk miniatur hidup sebagai tanaman hias akar Beringin. Akar yang menggantung menjadi point utama dari Beringin, memberikan kesan elegan dan maskulin yang tidak hanya cocok untuk dipajangkan di rumah tetapi juga cocok sebagai pajangan di kantor kepala direktur atau CEO.

6. Tanaman hias akar Ulmus Cina

Selanjutnya mari kita bahas contoh tanaman hias akar yang cocok untuk pekarangan rumah yang memiliki taman dengan ukuran kecil sampai sedang. Tanaman hias akar Ulmus Cina cocok dengan kriteria rumah diatas, kamu bisa menempatkan Ulmus cina dengan pilar setengah badan, atau kamu bisa memajang Ulmus Cina di samping kolam ikan agar menambah suasana asri dan segar. Kamu harus memilih pot dengan hati-hati agar sesuai dengan tema rumah kamu, dan juga kenyamanan tanaman hias akar Ulmus Cina supaya bisa berumur panjang. 


7. Tanaman hias akar Ficus Virens

Tanaman hias akar Ficus Virens juga bisa kamu pakai sebagai acuan untuk contoh tanaman hias akar yang cocok disimpan di halaman rumah. Ditempatkan di samping furniture kursi atau meja, ficus virens akan cocok dengan suasana outdoor dan menambah keharmonisan di halaman depan atau pun balkon lantai atas rumah kamu. 


Ficus virens memiliki ciri khas yang bisa kamu kenali langsung, yaitu bagian akar yang melilit pada bagian batang dan dapat berganti warna di bagian akar saat usia lanjut.


Seperti itulah contoh tanaman hias akar yang bisa kamu padupadankan pada nuansa rumah kamu, untuk pemula dalam dunia tanaman hias di sarankan kamu memilih tanaman yang tidak terlalu rumit tingkat perawatannya. Tapi jika kamu adalah seorang yg sudah awam atau malah profesional dibidang ini lebih baik memilih jenis tanaman hias akar yang bernilai tinggi sebagai ladang investasi di masa tua. Kaum muda juga harus lebih banyak menelaah manfaat dari merawat tanaman hias akar.