Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Percakapan dan Dialog, Definisi, Arti Sinonim dan Contoh Percakapan

percakapan
Apa perbedaan antara "percakapan" dan "dialog"? "Percakapan" dan "dialog" keduanya berarti berbicara dengan seseorang. Bagaimana mereka berbeda dalam arti? Kali ini, kami akan memperkenalkan perbedaannya.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Percakapan?

Percakapan adalah tindakan dan efek berbicara satu atau lebih orang dengan yang lain atau orang lain. Kamus mendefinisikan "percakapan" sebagai "dua orang atau lebih yang saling berbicara dan mendengarkan satu sama lain untuk memajukan cerita bersama. Juga dapat merujuk pada cerita itu sendiri dan digunakan dalam konteks 'untuk melakukan percakapan'" Percakapan digunakan sebagai sinonim untuk “dialog” atau “pembicaraan”.

Percakapan pada dasarnya merujuk pada situasi di mana dua orang atau lebih berbicara satu sama lain, meskipun tidak selalu dalam bentuk komunikasi yang mendalam. Nuansa dari definisi ini mengimplikasikan bahwa percakapan seringkali menjadi sebuah cerita panjang yang digunakan dalam komunikasi sehari-hari dan dapat terjadi tanpa adanya hubungan kepercayaan di antara para pembicara.

Sebagai contoh, di sebuah pesta minum, banyak orang membicarakan apa yang ingin mereka bicarakan, atau bahkan membicarakan sesuatu yang tidak berbahaya. Kata "percakapan" juga digunakan ketika berkomunikasi dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Namun, lebih menekankan pada pertukaran komunikasi dalam bentuk percakapan daripada memahami isi cerita tertentu. Seperti yang dijelaskan dalam kata "menikmati percakapan", meskipun tidak merujuk pada hal yang spesifik, hal yang baik tentang percakapan adalah kita dapat berbagi waktu yang menyenangkan dan bersosialisasi dengan orang lain.

Pelajari Lebih Lanjut Tentang "Dialog"

"Dalam kamus, 'dialog' diartikan sebagai 'berbicara tatap muka. Juga, cerita itu. Juga digunakan secara kiasan.], dan digunakan dalam arti 'mencoba berdialog'. Namun, apakah dialog hanya sebatas saling bertatap muka dan berbicara?

Sebagai kata serapan dari bahasa Inggris, 'dialog' memiliki makna komunikasi untuk saling memahami. Ini mencerminkan pentingnya saling bertatap muka dan berbicara dengan jelas untuk membangun hubungan kepercayaan. Jadi, pada dasarnya, dialog merupakan komunikasi antara dua individu, sedangkan percakapan dapat terjadi antara dua atau lebih orang. Karena setiap individu memiliki nilai yang berbeda, maka mungkin muncul perbedaan pendapat dan jawaban yang beragam.

Melalui proses berdialog, kita dapat memahami sudut pandang masing-masing dan mencapai kesepakatan bersama. Dialog tidak hanya tentang menolak pendapat orang lain secara langsung, tetapi juga menghormati pandangan orang lain dan mendapatkan wawasan baru melalui diskusi."

Apa Perbedaan Antara Dialog Dan Percakapan?

Dari uraian di atas kita dapat meyimpulkan bahwa Percakapan adalah Berbicara dengan dua orang atau lebih sedangkan Dialog adalah Percakapan antara dua orang yang saling berhadapan. Sementara "percakapan" mengacu pada berbicara secara umum, "dialog" memiliki gambaran saling memahami dan melakukan diskusi yang jujur. Saya pikir penting untuk menikmati percakapan dan memahami satu sama lain melalui dialog.

Penggunaan Bahasa Sebagai Alat Komunikasi

Sebuah percakapan melibatkan komunikasi melalui bahasa tertentu (lisan, gerakan, tulisan, dan sebagainya). Ini melibatkan interaksi di mana dua orang atau lebih bersama-sama membangun sebuah teks (berbeda dengan monolog).

Untuk terjadinya percakapan, ada beberapa elemen fundamental yang harus terlibat. Dalam hal ini, beberapa elemen tersebut antara lain:

• Pengirim, yang mengirimkan informasi.

• Penerima, yang menerima informasi yang telah dikirim.

• Pesan, yang merupakan isi informasi yang dikirim.

• Kode, yaitu bahasa yang digunakan dalam percakapan.

• Saluran, tempat di mana informasi tersebut berlangsung.

• Konteks, yaitu tempat di mana pesan disampaikan.

Kriteria Penting Dalam Membangun Percakapan Yang Efektif

Selain elemen-elemen yang telah disebutkan, perlu ditekankan bahwa ada beberapa kriteria penting yang harus dipenuhi agar percakapan dapat berhasil dan bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat:

• Kalian harus saling mendengarkan dengan sepenuh hati dan memberikan perhatian yang layak.

• Sangatlah penting untuk tidak menginterupsi ketika seseorang sedang berbicara.

• Kita harus tetap toleran dan menghargai pandangan orang lain yang terlibat dalam percakapan.

• Seringkali, senyum adalah kunci untuk menciptakan suasana yang nyaman dalam percakapan.

• Hindari perubahan topik yang terlalu tiba-tiba.

• Jangan lupakan orang yang sedang berbicara dengan kita.

• Kalian harus berbicara dengan jelas, menggunakan nada suara yang tidak terlalu keras atau terlalu lembut. Penting untuk berbicara singkat dan tanpa nada yang agresif atau menakutkan.

Tahapan Dalam Berbicara dan Percakapan

Salam merupakan awal yang umumnya digunakan untuk memulai sebuah percakapan. Setelah itu, pertanyaan (interogatif) muncul karena percakapan umumnya dilakukan untuk meminta informasi. Namun, terdapat pula percakapan yang tujuannya adalah untuk memberikan informasi tanpa ada pertanyaan yang diajukan.

Intensitas atau penekanan dalam percakapan dikenal dengan nada bicara. Percakapan yang penuh dengan konflik adalah percakapan di mana para peserta cenderung berdebat atau bahkan berteriak untuk mempertahankan posisi mereka. Perlu diingat bahwa nada bicara dapat berubah-ubah selama percakapan berlangsung, tergantung pada konteks dan tujuan akhir dari percakapan tersebut.

Contoh Percakapan Yang Biasa Digunakan Dalam Sehari Hari

Dalam kegiatan sehari-hari kita tidak mungkin lepas dengan percakapan baik itu dengan keluarga, kerabat, tetangga atau orang lain, kamu juga bisa mempelajri Percakapan Bahasa Madura Beserta Artinya: Tips Berbicara dengan Orang Madura Berikut contoh Percakapan sehari hari yang sering kita gunakan.

1.     Contoh Percakapan Antara seorang ibu dan putrinya

―Bu, hari ini di sekolah mereka meminta kami untuk membawa kamus.

"Nah, Nak, nanti aku akan memberitahu ayahmu untuk membeli satu dalam perjalanan pulang. Apakah mereka meminta hal lain?

“Tidak, tapi saya bisa menggunakan buku catatan baru karena buku catatan saya hampir selesai.

Notebook macam apa itu?

―Satu grid, karena itu untuk Matematika.

―Sempurna, saya sudah memberi tahu Anda bahwa Anda membutuhkan kedua hal itu ketika Anda mampir ke toko buku. Apakah Anda yakin tidak ada yang lain?

“Tentu, ibu. Terima kasih banyak. Sekarang saya akan ke rumah Martin untuk belajar untuk ujian, sampai jumpa lagi.

"Oke, sampai jumpa malam ini." Kirimkan salamku untuk ibu Martin. Sampai jumpa lagi!

-Sampai jumpa!

 2.     Contoh Percakapan Dengan Tetangga

TETANGGA 1: Halo, Sergio, apa kabar?

TETANGGA 2: Halo, tetangga! Betapa senangnya menemukannya! Saya tidak melihatnya selama beberapa hari. Untuk apa saya berutang kunjungan Anda?

TETANGGA 1: Saya datang karena saya memiliki masalah kelembaban di rumah saya, dan saya pikir mungkin ada hubungannya dengan pipa di dapur Anda?

TETANGGA 2: Jangan bilang! Kemarin tukang ledeng bekerja karena kami mengalami kebocoran. Mungkinkah karena itu?

TETANGGA 1: Tentunya...

TETANGGA 2: Jangan khawatir. Saya menelepon Anda hari ini untuk datang ke rumah Anda untuk memeriksa apa yang terjadi.

TETANGGA 1: Terima kasih banyak. Mungkin tidak ada yang serius.

TETANGGA 2: Saya akan mengkonfirmasi jadwalnya segera setelah saya bisa berkomunikasi dengannya. Dan saya mohon maaf atas ketidaknyamanan ini!

TETANGGA 1: Itu tidak mengganggu, itu sesuatu yang bisa terjadi, tidak masalah. Terima kasih banyak telah merawat.

TETANGGA 2: Tidak ada alasan. Aku akan meneleponnya nanti. Sampaikan salamku untuk keluargamu.

TETANGGA 1: Terima kasih! Sampai jumpa!

 3.     Contoh Percakapan Ditempat Kerja

―Selamat pagi, Roberto.

"Selamat pagi, Tuan Rodriguez.

"Apakah Anda menyiapkan laporan yang saya minta kemarin?"

"Ya, saya bisa menyelesaikannya kemarin, tapi saya perlu melakukan pemeriksaan terakhir." Itu mungkin?

“Saya harus mempresentasikannya pada pertemuan dengan pengusaha setelah tengah hari. Jika Anda mau, Anda dapat mengambil pagi hari untuk memeriksanya, tetapi pada jam 12 saya membutuhkannya di meja saya.

“Jangan khawatir, beberapa jam sudah cukup. Sebelum tengah hari Anda akan memiliki laporan lengkap di kantor Anda.

―Terima kasih banyak, Roberto, aku tahu aku bisa mempercayaimu.

-Tak ada alasan. Saya akan pergi ke meja saya untuk bekerja, jadi kita tidak membuang waktu lagi.

―Sempurna, kesulitan apa pun tidak gagal untuk memberi tahu saya. saya lihat nanti.

"Aku akan membawakanmu laporannya sebentar lagi."

 4.     Contoh Percakapan Antar Teman

Juan: Payung siapa ini?

Ana: Saya tidak tahu, itu bukan milik saya.

Juan: Apakah seseorang melupakan payung di aula?

Alberto: Saya tidak.

Diana: Saya tidak.

Juan: Jadi siapa yang meninggalkannya?

Ana: Margarita ada di sini sebelumnya. Itu mungkin miliknya.

Juan: Saya akan meneleponnya untuk memberi tahu dia ada di sini.

 5.     Contoh Percakapan Bahasa Inggris 2 orang

uan: Whose umbrella is this?

Ana: I don't know, it's not mine.

Juan: Did someone forget their umbrella in the hall?

Alberto: Not me.

Diana: Not me either.

Juan: Then who left it?

Ana: Margarita was here earlier. It might be hers.

Juan: I'll call her to let her know it's here.

Kesimpulan :

Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa meskipun percakapan dan dialog memiliki makna yang sama dalam arti bahwa keduanya mengacu pada berbicara dengan seseorang, ada perbedaan antara keduanya. Percakapan merujuk pada situasi di mana dua orang atau lebih berbicara satu sama lain tanpa adanya hubungan kepercayaan, sedangkan dialog merupakan komunikasi antara dua individu yang saling memahami. Oleh karena itu, penting untuk menikmati percakapan dan memahami satu sama lain melalui dialog. Agar percakapan dapat berhasil dan bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat, penting untuk saling mendengarkan dengan sepenuh hati dan memberikan perhatian yang layak.