Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Percakapan Bahasa Sunda, Ngobrol Asyik Dengan Bahasa Sunda Kuasai Dalam waktu singkat

Percakapan Bahasa Sunda Ngobrol Asyik Dengan Bahasa Sunda Kuasai Dalam waktu singkat.
Bahasa Sunda ialah ibu bahasa dari suku sunda yang berwilayah di jawabarat. Bahasa ini diwarisi oleh kurang lebih dua puluh tujuh juta orang di Indonesia, berpusat didaerah jawabarat sebagai asal muasalnya juga masyarakat  Sunda yang menetap di luar daerah tersebut. Tersohor dengan budaya bahasa yang lues, santun dan apik bahasa sunda juga memiliki banyak ungkapan yang unik. Tak hanya itu logat yg disuarakan oleh masyarakat sunda memiliki karakteristik sendiri. 

Untuk berbagi wawasan perihal budaya bahasa sunda, pada kesempatan kali ini kami akan membujuk para readers agar mengetahui keseruan ngobrol pakai bahasa daerah yang satu ini. Tentu saja dengan contoh percakapan bahasa sunda disertai artinya juga cara jitu dari orang sundanya langsung supaya kamu bisa menguasai bahasa sunda secepatnya.

Kuasai Percakapan Bahasa Sunda Dalam 10 Menit Singkat dan Praktis.

Nah readers jangan skip ya! ini dia trik jitu kuasai percakapan bahasa sunda gak butuh waktu sampai 10 menit deh buat kamu bisa baca kiat-kiat dibawah ini sampai tamat. Kamu bisa belajar bahasa sunda dalam 10 menit singkat dan praktis dengan mengikuti beberapa tips berikut ini:

Mempelajari kosa kata dasar.

Mulai belajar kosakata dasar bahasa sunda seperti sapaan, angka, warna, hari, bulan, dll. kamu bisa mencari di internet bahan belajar bahasa sunda atau bertanya kepada teman atau kerabat yang fasih berbahasa sunda.

Dengarkan dan ikuti percakapan dalam bahasa sunda.

Coba cari percakapan bahasa sunda di internet atau jejaring sosial dan simak baik-baik. Coba pahami arti setiap kalimat yang kamu ucapkan dan coba ulangi dengan intonasi yang benar.

Gunakan aplikasi belajar bahasa sunda.

Ada beberapa program yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Sunda seperti B. Duolingo atau Babbel. Program-program ini biasanya memberikan pelajaran yang terstruktur dan mudah dipahami.

Berlatihlah berbicara dengan orang yang berbahasa Sunda.

Cobalah untuk mencari teman atau saudara yang fasih berbahasa Sunda dan mintalah mereka untuk membantu kamu berbicara. kamu bisa mulai dengan kalimat sederhana dan secara bertahap tingkatkan kesulitannya.

Menonton film atau acara TV dalam bahasa sunda.

Menonton film atau acara TV Sunda juga dapat membantu kamu mempelajari bahasa dengan cepat. kamu dapat mencari film atau acara TV berbahasa Sunda di Internet, atau meminta rekomendasi teman atau kerabat berbahasa Sunda. Berlatih setiap hari

Cobalah menghabiskan setidaknya 10-15 menit setiap hari untuk mempelajari kosakata baru maupun berlatih berbicara. Jadi readers tercinta, agar practice kamu lebih mantap saat berbahasa sunda, kamu perlu berlatih setiap hari ya.  Dengan konsisten mengikuti tips di atas dalam 10 menit singkat dan praktis, dijamin kamu bisa fasih berbahasa Sunda dengan lancar seperti jalan tol. Namun, ingatlah bahwa belajar bahasa membutuhkan waktu dan kesabaran, jadi jangan mudah menyerah dan teruslah berlatih  


Belajar Bahasa Sunda Lewat Percakapan: Contoh Dialog dan Terjemahan.

Contoh Percakapan Bahasa Sunda I :

Udin : “Punten ah ngiring ngalangkung” [Permisi, ikut lewat]

Ucok : “Mangga akang, bade kamana atuh atos wengi ge kang udin” [Silahkan ka, udah malem mau kemana ka udin?]

Udin : “nyaeta bade ka pangaosan kang ucok” [iya mau ke pengajian ka ucok]

Ucok : “oh sumuhun atu, kade laleueur didinya teh” [oh begitu, hati-hati disana licin]

Udin : “muhun, hatur nuhun kang hayu ah mangga” [iya. makasih ka permisi pergi dulu]

Contoh Percakapan Bahasa Sunda II :

Emak : “ siti, geura nyangu geus berang” [siti, segera masak nasi udah siang]

Siti : “enya emak, ieu ker ngagerohkeun hela sayur” [iya ibu, ini lagi ngaduk dulu sayur]

Emak : “kade ah, tong burit teuing” [hati-hati jangan kesorean]

Siti : “sumuhun emak, atos can ka warung teh?” [baik ibu, udah ke warung belum?]

Emak : “eh encan hilap” [eh iya belum lupa]

Siti : “ Ku siti we mak” [sama siti aja bu]

Emak : “gae” [boleh]

Kosa kata bahasa sunda yang unik perlu kamu ketahui.

  • kumaha damang? -  apa kabar?

  • Sampurasun, wilujeng sumping. - Selamat datang.

  • Moal nyaho - Tidak tahu.

  • Hatur nuhun - Terima kasih.

  • Kadeudeuh, kahiji. - kesayangan,kesatu.

  • Mun sakitu, aya aya wae. - cuma segitu, ada-ada aja..

  • Tuhu sunda, tuhu budaya. - Mengenal bahasa Sunda, mengenal budaya.

  • Wilujeng sumping - Selamat datang

  • Kumaha damang? - Apa kabar?

  • Nu ngajawab - Ya

  • Henteu - Tidak

  • Naha? - Mengapa?

  • Naha anjeun ngomong basa Sunda? - Mengapa kamu berbicara bahasa Sunda?

  • Anjeun saha? - siapa kau?

  • Abdi - aku

  • Anjeun - kau

  • Aing - Saya (digunakan oleh beberapa orang Sunda)

  • Sumping - Datang

  • Leumpang - Pergi

  • Keneh - Lagi

  • Keur - Untuk

  • Saha téh? - Apa itu?

  • Ngan saha? - Dengan siapa?

  • Mangga - Silakan (digunakan saat mengundang atau mempersilakan)

  • Urang - bisa ke diri sendiri/orang lain/kelompok [urang sunda]

Readers perhatian ! bahasa Sunda mempunyai dialek/logat  yang berbeda di berbagai daerah, sehingga pengucapan dan ejaan kata dapat berbeda di setiap daerah, juga menentukan tingkat kesopanan berbicara

Mengapa Bahasa Sunda Pentin?

Bagi para readers nih yah udah baca sampai bawah tapi masih bingung kenapa harus mempelajari percakapan bahasa sunda, atau buat readers lain yang penasaran apa sih pentingnya bahasa sunda? simak pembahasannya dibawah ini ya : 

Memahami budaya

Bahasa Sunda sangat erat kaitannya dengan budaya Sunda. Dengan mempelajari bahasa Sunda kamu akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tradisi, adat istiadat, dan tata krama Sunda.

Bentuk komunikasi 

Jika kamu tinggal atau bekerja di wilayah Jawa Barat, mempelajari bahasa ini dapat menolong kamu berkomunikasi dengan masyarakat setempat. Hal ini memudahkan dalam membangun hubungan sosial dan beradaptasi dengan lingkungan.

Kesempatan kerja

Bahasa Sunda juga menjadi salah satu syarat untuk beberapa pekerjaan di wilayah Jawa Barat. Mempelajari bahasa sunda dapat membuka peluang kerja baru dan meningkatkan keterampilan kerja.

Kekayaan bahasa

Bahasa Sunda memiliki banyak sekali bahasa yang unik dan indah. Mempelajari bahasa Sunda akan membuka mata kamu akan keindahan dan keunikannya.

Konservasi Bahasa

Upaya menjaga kelestarian sebuah bahasa merupakan kewajiba kita juga sebagai warga negara, sebab ini lah mari ikutii gerakan konservasi bahasa sunda bersama-sama. 

Nah tidak sampai 10 menit kan kamu menyelesaikan halaman ini, asyik bukan memahami bahasa sunda yang merupakan bahasa daerah negara kita. Jangan sampai kamu bermalas-malasan jika ingin hasil maksimal dan bisa secepatnya join ngobrol bareng bahasa sunda. Tekun tapi tetep enjoy, dua sifat ini kamu harus pegang kuat-kuat ya readers, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya. Sampurasun