Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Percakapan Bahasa Inggris dan Artinya : Terupdate Topik Bulan Suci Ramadhan 2023

Percakapan Bahasa Inggris dan Artinya : Terupdate Topik Bulan Suci Ramadhan 2023

Bulan suci Ramadhan adalah waktu khusus bagi umat Islam di seluruh dunia dan sering kali menyatukan orang-orang dari latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda. Selama bulan suci Ramadhan, orang-orang dari berbagai bahasa negara berkumpul untuk merayakannya bersama.  Dibulan suci Ramadhan ada banyak khotbah dan ceramah, seringkali dikemas menggunakan bahasa Inggris. Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu akan memahami instruksi lebih mudah, sekaligus mendapatkan banyak manfaat dari khotbah maupun ceramah. 

Jika kamu menemukan diri kamu dalam lingkungan di mana kamu perlu berbicara bahasa Inggris selama bulan suci ini, blog ini menawarkan kiat juga frasa yang berguna untuk membantu kamu meningkatkan keterampilan komunikasimu. Di blog ini kamu akan belajar tentang topik-topik seperti salam dan ucapan terima kasih, penjelasan tentang tradisi Ramadhan, serta waktu sholat, waktu buka puasa dan diskusi lain yang berkaitan dengan bulan suci ini. Pembahasan ini diharapkan membuat  kamu akan merasa lebih percaya diri dan siap berkomunikasi dalam bahasa Inggris selama Ramadhan 2023.  

Percakapan Bahasa Inggris dan Artinya, Contoh dan Frasa Baru Edisi Bulan Suci Ramadhan.

Begitu banyak  informasi penting yang tersaji dengan bahasa Inggris, diantaranya waktu sholat, agenda Imsak, berbuka puasa, serta bacaan Al-Quran. Jika kamu berbicara bahasa Inggris, kamu dapat dengan mudah membaca dan memahami informasi ini. Secara umum, bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat penting untuk dipelajari selama Ramadhan Suci karena dapat membantu kamu berkomunikasi lebih efektif dengan orang-orang dari berbagai bahasa, memahami informasi penting, menghadiri ceramah, berinteraksi dengan wisatawan, dan meningkatkan kesadaran global.  

Pada bagian ini kami akan menyertakan contoh percakapan bahasa inggris dan artinya, dengan topik bulan suci ramadhan. Diluar hal itu informasi dibawah ini akan menyuguhkan beragam frasa khas bulan ramadhan yang mungkin kamu belum mengetahui versi bahasa inggrisnya. 

Ungkapan Khas Bulan Ramadhan dalam Bentuk Bahasa Inggris

Tentu saja, berikut adalah beberapa idiom bahasa Inggris yang berguna untuk mempersiapkan Ramadhan:

  • Fasting [puasa] : merupakan sebuah tradisi yang mengharuskan setiap kaum muslim menahan lapar juga haus. Tidak hanya muslim puasa juga ada di tradisi agama lainnya.

Example: "During Ramadan, Muslims around the world observe fasting from dawn until dusk."

  • Suhoor [Sahur] : jika dihari biasanya kita sarapan di waktu pagi, maka pada ramadan kita mengganti jam sarapan kita kewaktu sebelum terbitnya matahari, diantara waktu sebelum subuh.

Example: "It is recommended to have a healthy and nutritious suhoor meal before starting the fast for the day."

  • Iftar [BukaPuasa] : Masuk ke moment yang paling dinantikan, berbuka puasa berarti berakhir nya puasa kita dihari itu, lalu diawali kembali dengan sahur terus berulang selama 30 hari.

Example: "Muslims break their fast with dates and water during iftar, followed by a meal with family and friends."

  • Tarawih prayer [Sholat tarawih] : merupakan shalat sunnah yang khusus cuma ada di bulan penuh berkah ini. Salat Tarawih biasanya dilakukan di masjid atau di rumah bersama keluarga.

Contoh kalimat: "Muslims perform taraweeh prayer every night during Ramadan to seek blessings and forgiveness from Allah."

  • Zakat [Zakat] : zakat ialah kewajiban bagi semua umat muslim yang mampu untuk disedekahkan kepada yang kurang mampu. Zakat biasanya merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan dianjurkan untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan. 

Contoh kalimat : "It is recommended to give zakat during Ramadan to help those in need and gain blessings from Allah.”

  • eid al-Fitr [Hari raya idul fitri] : ditandai sebagai puncak hari kemenangan dari 30 hari berpuasa.

Contoh kalimat : “Eid al-Fitr we will perform the obligatory prayer together, namely the Eid prayer in the morning”

Contoh Percakapan Bahasa Inggris dan Artinya Tentang Bulan Suci Ramadhan

Ati dan Uti teman sebaya yang sedang buka bersama di suatu cafe, mereka sedang asyik membahas progres puasa dibulan ramadhan tahun ini,  mari kita simak percakapan bahasa inggris dan artinya dibawah ini :

Ati : “Uti this time I will complete the fast, thirty full days” [Uti kali ini aku akan menuntaskan puasa, tiga puluh hari full]

Uti : “me too, alhamdulillah my menstrual schedule is still long” [aku juga, alhamdulillah jadwal haid aku masih lama]

Ati : “By the way, what did you eat for Suhoor?” [Omong-omong, tadi kamu sahur makan apa?]

Uti : “I have Suhoor with chicken soup.” [aku sahur dengan sop ayam]

Ati : “So that's it, now the iftar schedule is 16.00.” [jadi begitu, sekarang jadwal berbuka puasa nya jadi jam 16.00 yah.]

Uti : “yes, that's right, very soon. have you prepared for zakat?” [iya betul, sebentar lagi ya. apa kamu sudah menyiapkan  untuk zakat ?]

Ati : “alhamdulillah , I've prepared it.” [alhamdulillah, aku sudah menyiappkannya]. 

Uti : “after eating, let's pray the taraweeh together” [setelah makan, kita solat terawih bareng yuk]

Kurang lebih seperti ini percakapan bahasa inggris dan artinya menggunakan frasa khas dari bulan suci Ramadhan.

Kiat-Kiat Berbahasa Inggris Selama Ramadhan.

Dibawah ini Merupakan beberapa tips yang dapat membantu kamu berbicara bahasa Inggris dengan baik selama Ramadhan:

Pelajari kosa kata yang berhubungan dengan Ramadhan dan puasa

seperti "Fasten" (puasa), "Iftar" (buka puasa), "Tarawih" (doa setelah sholat Isya) dan "Suhur" (makan sahur). Mempelajari kosa kata ini akan memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan teman yang juga berpuasa atau dengan orang asing yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang tradisi puasa di negara Anda.

Gunakan kata-kata yang sopan dan hormat 

saat berbicara dengan orang lain selama Ramadhan. Misalnya, ucapkan "Ramadan Mubarak" atau "Ramadan Kareem" saat bertemu dengan seseorang yang sedang berpuasa untuk mengucapkan selamat bulan suci ini.

Terus berlatih berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris. 

Selama Ramadan, manfaatkan kesempatan untuk mengobrol dengan teman-teman kamu dalam bahasa Inggris atau tulis di buku harian kamu dalam bahasa Inggris.

Tonton program atau acara TV dalam bahasa Inggris yang berkaitan dengan Ramadan 

Ini akan memungkinkan kamu untuk memperluas kosa kata kamu dan belajar tentang tradisi puasa di berbagai negara di seluruh dunia.

Bergabunglah dengan komunitas online atau forum yang membahas bulan Ramadhan dalam bahasa Inggris. 

kamu dapat mengobrol dengan orang-orang dari seluruh dunia dan berbagi pengalaman tentang tradisi puasa. Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat meningkatkan bahasa Inggris kamu selama Ramadhan. Selamat berpuasa dan selamat belajar