Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makna Mimpi Tentang Ular: Mengurai Tafsiran dan Artinya

Makna Mimpi Tentang Ular
Makna Mimpi Tentang Ular - Baru saja mengalami mimpi yang aneh atau mengganggu tentang seekor ular? Ataukah kalian berulang kali bermimpi tentang ular tersebut dan ingin mengetahui arti dari gangguan mimpi ini?

Mimpi tentang Ular Merupakan Fenomena yang Umum

Menurut portal kesehatan Mind Body Green, ular merupakan hewan ketiga yang paling sering muncul dalam mimpi, setelah anjing dan kucing. Oleh karena itu, sebagai permulaan, memang normal untuk bermimpi tentang mereka.

Dikatakan bahwa salah satu fungsi mimpi adalah untuk memberikan peringatan tentang hal-hal yang salah atau berjalan baik dalam kehidupan kita. Dalam konteks ini, memimpikan ular memiliki berbagai tafsiran dan makna, baik positif maupun negatif.

Sebagai contoh, karena racun dan perilakunya yang tersembunyi, mimpi ular sering dihubungkan dengan manusia atau perilaku beracun. Reptil ini ingin mengingatkan kita bahwa ada sesuatu yang beracun dalam kehidupan sehari-hari kita, dan kita harus melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

Namun, ada juga makna lain: memimpikan ular bisa berarti bahwa kita sedang dalam proses penyembuhan dari penyakit fisik atau emosional.

Menafsirkan Mimpi Ular: Baik atau Buruk?

Bagaimana cara mengetahui kapan mimpi tentang ular itu baik dan kapan buruk? Semuanya tergantung pada konteks dan apa yang terjadi dalam mimpi tersebut. Berikut ini adalah 15 situasi mimpi yang sangat umum dan kemungkinan artinya untuk membantu kalian dalam hal ini:

1. Arti Mimpi Ular yang Tidak Berbuat Apa-Apa

Apakah pernah mengalami mimpi tentang ular yang tidak melakukan apa-apa? Perilaku hewan ini dalam pengalaman mimpi sangat penting saat menafsirkannya. Sering kali, ular muncul begitu saja dan tidak berbuat apa-apa, yang dapat memiliki beberapa makna.

Bagi mereka yang menganggap ular sebagai hewan yang mengintimidasi, berbahaya, atau sulit dipahami, memimpikannya dapat mengungkapkan situasi sulit yang mungkin mereka alami dalam kehidupan sehari-hari, seperti kesedihan, stres, ketidaksepakatan, atau masalah dalam hubungan pasangan atau persahabatan.

2. Apa Arti Memimpikan Ular Besar dan Kecil?

Ular dalam mimpi yang berukuran besar dan kecil memiliki arti yang berbeda-beda tergantung pada pengalaman mimpinya. Menurut Psikologi Online, jika ular tersebut kecil, ini menandakan kita mengalami sedikit ketidaknyamanan yang menghambat kita untuk menikmati hidup sepenuhnya. Sebaliknya, memimpikan ular besar dapat menggambarkan bahwa kita merasa takut akan hal yang belum diketahui. "Perubahan akan datang dalam hidup kita yang tidak dapat kita kendalikan," terang para ahli.

3. Arti Memimpikan Ular di Rumah

Mimpi yang sering muncul terkait ular adalah ketika beberapa reptil ini mulai menyerang berbagai ruangan di rumah kita. Psikologi Online mengungkapkan bahwa ini mungkin merupakan pertanda bahwa kita merasa kerabat atau orang di sekitar kita mungkin akan mengkhianati kita, atau kita merasa akan segera mengalami masalah kesehatan yang serius.

Penafsiran ini berkaitan dengan kisah ular dalam Alkitab, di mana sosok ular diasosiasikan dengan penipuan sejak kisah Adam dan Hawa. Oleh karena itu, ketika salah satu dari reptil ini muncul dalam mimpi kita, kita mungkin secara tidak sadar menunjukkan kekhawatiran atau ketidakpercayaan terhadap seseorang atau sesuatu.

4. Arti Memimpikan Ular Menyerang

Jika kita memimpikan ular yang menggigit atau menyerang kita, hal ini mungkin disebabkan oleh perasaan bahwa akan ada perselisihan yang segera terjadi atau kita harus menghadapi sesuatu yang menakutkan, demikian dijelaskan dalam Psikologi Online. Penafsiran ini berkaitan dengan perasaan seseorang bahwa ada masalah tertentu yang tidak bisa dihindari lagi dan di mana mereka harus membuat keputusan yang sulit.

5. Arti dari Mimpi Ular Menyerang Tapi Tidak Menggigit

Ada beberapa tafsiran mengenai mimpi di mana seekor ular mendekati kita, mengelilingi, dan menyerang kita, tetapi tidak menggigit. Di satu sisi, mimpi ini mungkin merujuk pada ketidakpuasan terkait kehidupan seksual kita. Di sisi lain, mimpi ini juga bisa berarti bahwa ada sesuatu yang mengganggu kita, dan kita terus memikirkannya tanpa menemukan solusi yang pasti.

6. Arti Bermimpi Digigit Ular

Wajar jika kita percaya bahwa bermimpi ular menggigit kita adalah sesuatu yang buruk, atau bisa berarti kita sedang sakit. Namun, gigitan ular dalam mimpi bisa menjadi kabar baik! Menurut Loewenberg, "Gigitan ular dalam mimpi seringkali sama dengan menerima suntikan atau obat. Tanyakan pada diri kita apakah ada masalah kesehatan yang mulai teratasi. Mungkin kita memiliki luka emosional yang sembuh. Gigitan itu bisa juga berarti seseorang yang bersikap mengkritik kita secara beracun."

7. Arti Memimpikan Ular Hitam

Menurut ahli fabulis Aesop, ular hitam yang muncul dalam mimpi kita berarti kita baru saja belajar pelajaran yang sulit atau pelajaran ini akan segera muncul dalam hidup kita (melalui Check My Dream). Dalam banyak kesempatan, ular hitam ini dapat mewakili ketakutan besar kita atau rintangan yang secara tidak sadar kita buat dan yang mencegah kita mewujudkan impian kita.

8. Arti Memimpikan Ular Besar dan Gemuk

Ular besar yang gemuk dalam mimpi melambangkan perlawanan batin. Kemungkinan besar kita secara sadar atau tidak sadar menolak perubahan besar dalam hidup kita. Meskipun ular besar dalam mimpi mungkin membuat kita takut, itu sebenarnya mewakili kemampuan kita untuk mengambil langkah yang telah lama kita hindari (melalui Alo Dreams).

Ular itu juga bisa mewakili penolakan kita untuk menerima keinginan besar kita, terutama karena takut akan konsekuensi yang mungkin timbul. Perhatikan baik-baik keinginan itu. Jika memang sangat negatif, maka kita harus belajar untuk meninggalkannya. Tetapi jika hal itu berdampak positif bagi kita dan/atau orang lain, beranilah untuk mengejarnya.

9. Arti Memimpikan Ular dan Membunuhnya

Bermimpi membunuh ular yang muncul dalam mimpi kita adalah pertanda bagus: biasanya itu berarti kita telah mengalahkan rintangan besar, pesaing, ancaman... dan perubahan baik akan segera datang dalam hidup kita (melalui Check My Dream).

Sebaliknya, khawatirlah jika dalam mimpi kita menghadapi ular dan kalah atau mereka kabur. Jika kita membiarkan diri dikalahkan oleh ular, mungkin saja masalah besarnya adalah kita sendiri. Jika seekor ular besar muncul, biasanya itu melambangkan seseorang dengan banyak kekuatan, seperti seorang atasan. Jika kita dipukuli oleh banyak ular besar, kita mungkin mengalami masalah kesehatan.

10. Arti Memimpikan Ular Kecil

Para ahli tidak sependapat tentang arti mimpi tentang ular kecil. Semuanya akan tergantung pada konteks mimpi dan hubungan kita dengan ular.

Misalnya, jika ular kecil muncul dalam mimpi kita, dan kita menjadi takut dan berteriak sia-sia (karena kita menemukan bahwa kita dapat mengalahkan mereka dengan cepat), mungkin mimpi itu menunjukkan bahwa kita terlalu membesar-besarkan masalah dan kita sebenarnya dapat mengatasinya dengan cepat.

11. Memimpikan Ular dan Menjadi Takut

Tidak masalah jika dalam kehidupan nyata ular tidak membuat kita takut: jika kita memimpikannya dan mengalami saat-saat yang buruk, itu berarti ada sesuatu yang membuat kita khawatir atau yang seharusnya membuat kita khawatir.

"Jika dalam mimpi kita kaget saat melihat ular atau lari darinya, itu berarti ada seseorang atau situasi yang harus kita perhatikan dengan hati-hati," jelas Loewenberg, spesialis mimpi.

12. Memimpikan Ular yang Memanjat Kita

Jika kita bermimpi seekor ular merayapi kaki kita atau sudah berada di dada kita, "mungkin area tubuh tempatnya menetap perlu disembuhkan," kata Loewenberg.

Jika kita memperhatikan bahwa kaki yang dipanjat ular itu menyakiti kita atau kita merasa tidak nyaman, mungkin kita harus pergi ke dokter, setidaknya untuk memastikannya.

13. Memimpikan Ular yang Sama Berulang Kali

Jika kita merasa bahwa ular yang sama muncul dalam banyak mimpi, berhati-hatilah. Itu bisa melambangkan orang atau situasi beracun yang bertahan di hari-hari kita.

"Semakin banyak ular muncul, semakin dekat orang beracun itu," jelas ahli mimpi itu. Dan apakah itu pasangan atau rekan kerja kita?

14. Memimpikan Ular Derik

Suara ular derik agak menakutkan, bukan? Apalagi jika kita mendengar ular itu, tetapi kita tidak melihatnya di mana pun.

Di alam liar, ular berbisa mengeluarkan suara untuk memberi peringatan sebelum menyerang. Nah, dalam mimpi fungsinya serupa: insting kita telah mendeteksi bahaya yang akan segera terjadi dan memperingatkan kita dalam bentuk ular derik agar kita dapat mengatasinya sebelum terlambat.

15. Bermimpi Tentang Ular

Memimpikan ular sebagai aturan umum adalah pertanda baik. Itu berarti kita baru saja mengatasi situasi berbahaya dan sekarang kita aman.

"Ular tidak berbisa," jelas Loewenberg. Meskipun terkadang ular bisa menandakan situasi yang awalnya tidak berbahaya, tetapi tergantung pada tindakan kita, bisa membawa kita ke dalam banyak masalah.