Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Pribadi Untuk Teman Atau Kolega Sebelum Ada E-mail Dan Smartphone

Contoh Surat Pribadi Untuk Teman Atau Kolega Sebelum Ada E-mail Dan Smartphone
Tahun 2023 ini gampangnya sarana korespodensi menjadi hal yang lumrah, malahan suatu keanehan jika ada insan yang tak tahu menahu soal alat teknologi bertukar kabar seperti telepon rumah, hp, e-mail. Tapi ingatkah , jika di sebelum abad ke-9 korespodensi terjalin tidak dengan kecanggihan saat ini bahkan untuk telepon rumah yang sekarang jarang dipakai pun tidak ada. Tentu saja manusia pada kala itu bukannya tidak melakukan korespodensi tetapi mereka menggunakan sarana yang lumrah pada masa itu, contoh surat pribadi untuk teman ditulis menggunakan tinta cair dan pena bulu angsa. 

Lalu tahukah kamu contoh surat pribadi untuk teman dikala itu? jika kita cek kembali, mengabari teman sekarang sangat gampang dan takperlu formalitas apapun. Beda hal nya dengan era sebelum teknologi hadir, beberapa individu saling mengabari dengan surat-menyurat. Meskipun teknologi telah memudahkan kita untuk berkorespodensi, namun contoh surat pribadi untuk teman pribadi tetap memiliki nilai penting dalam kehidupan kita. 

Contoh Surat Pribadi Untuk Teman Dikala Tinta Jadul Dan Pena Bulu Angsa.

mari kita throwback ke masa lalu dan mengintip bagaimana contoh surat pribadi untuk teman dikala itu, contoh ini juga masih bisa sebagai contoh surat pribadi untuk teman untuk dipakai di masa sekarang. Mengingat tidak ada aturan baku yg ketat untuk contoh surat pribadi untuk teman jadi lebih bersifat fleksibel agar bebas digunakan. 

Pertama contoh surat pribadi untuk teman dari Albert kepada Fiona:

Teruntuk sahabatku, Fiona,

salamrindu dari [lokasi]. Rasanya sudah terlewat berabad-abad dari terakhir kali kita bertukar kabar. Doaku tidak pernah lepas dar kabar kesehatanmu juga semangat mengejar impianmu.

Aku sendiri sudah mulai meraih impianku. Aku telah menyelesaikan studiku dan sekarang bekerja sebagai insinyur disebuah company ternama. Sekarang diriku sungguh menikmati pekerjaanku dan merasa bersyukur atas segala hal yang aku miliki.

Betapa dengan cara apa aku ingin mengetahui kondisi serta kegiatanmu saat ini. Sudah lama sekali rasanya tak berjumpa. Ayo kita bersua kembali dalam waktu dekat fiona.

Meskipun aku sudah menulis ini secepatnya diriku ingin menulis kembali. Jangan ragu untuk menghubungiku jika kamu membutuhkanku fiona. 

Hampir Terlupakan ada sesuatu yang aku bawa dengan surat ini, sungguh kuharap hadiah ini cocok untukmu fiona.

salamrindu,

Albert

Kedua contoh surat pribadi untuk teman balasan dari Fiona kepada Albert:

Teruntuk teman baikku, Albert,

salamrindu dari [lokasi]. terimakasihh atas suratmu yang luar biasa. Sungguh hatiku bahagia mendengar kabarmu dan sangat bangga dengan kesuksesanmu. Aku sendiri masih mengejar impianku dan sedang belajar untuk menjadi dokter.

Akupun mengharapkan kita bertemu secepatnya. waktu bersua denganmu selalu penuh makna juga waktu yg kita lalui selalu cepat berputar.

Layaknya dirimu yang tak sabar menulis surat kemabli, begitupula diriku saat ini albert. Mari kita tentukan wwaktu yang cocok untuk kita berdua.

salamrindu,

Fiona

Contoh Surat Pribadi Untuk Teman [ucapan terimakasihh]

Teruntuk Teman Baikku, Stephani,

salamrindu dari saya, Kriss. Berharap surat ini menemukanmu dikondisi yang tidak terjadi apapun.

Kondisiku berangsur baik berkat pertolonganmu stephani, jikalau kamu tahu rasa syukurku tidak akan tertampung oleh luas danau besar sekalipun. 

Diriku menulis ini dengan hati yang selalu bersyukur bahwa kamu selalu ada menjadi sahabatku, meskipun diriku banyak kekurangan tapi tidakpernah sekalipun dirimu meninggalkanku. 

Tentu aku merasa mengucap terimakasih tak akan pernah cukup, hei stephanie mari kita bersua, aku ingin membawamu ke suatu tempat. Yakinlah tempat ini akan membuatmu takjub, ini sebagian kecil niatku untuk membalasbudi mu step, datanglah aku menunggumu. 

salamrindu,

Kriss

Kiat-Kiat Membuat Contoh Surat Pribadi Untuk Teman.

Yuk mulai memperhatikan dan menulis surat untuk temanbaikmu, sekarang untuk pembahasan terakhir halaman ini  beberapa tips untuk meningkatkan kualitas contoh surat pribadi untuk teman kalian

Tulislah dengan jujur ​​dan tulus.

Surat pribadi ialah cara yang bagus untuk mengutarakan perasaan kalian yang sebenarnya. Contoh surat pribadi untuk teman akan menambah keharmonisan persahabatan kalian, selain itu bukankah dengan surat menyurat seperti ini bertukar pesan bisa menjadi lebih estetik. 

Pilih kata yang benar.

Istilahkata yang kalian gunakan dapat sangat mempengaruhi kualitas contoh surat pribadi untuk teman kalian. Penggunaan tatabahasa yang berkaitan dengan pesan yang ingin kalian sampaikan.

Buat surat pribadi terstruktur.

Contoh surat pribadi untuk teman dengan pengantar yang baik harus terstruktur dengan baik. Pastikan pesan yang ingin kalian sampaikan mudah dipahami dan terstruktur. Kisah atau pengalaman ini dapat menambah dimensi yang lebih dalam pada surat itu dan membuatnya lebih bermakna. Pastikan untuk menandatangani surat itu dengan nama kalian dan tanggal penulisannya.

Gunakan bahasa yang mudah dipahami.

Pastikan penerima surat dapat dengan mudah memahami bahasa yang kalian gunakan. Dengan tips ini kalian dapat meningkatkan kualitas contoh surat pribadi untuk teman kalian dan membuatnya lebih bermakna bagi penerimanya. Jangan sampai temanmu kebingungan karena bahasamu sulit dicerna, ini akan berdampak pada lawan bicaramu yang jadi ogah membalas suratmu.

Korespondensi contoh surat pribadi untuk teman ialah bentuk korespodensi yang sangat pribadi dan menyenangkan. Namun, tradisi korespondensi ini semakin terpinggirkan oleh teknologi serta kesibukan yang semakin meningkat.Karena itu pertahankan tradisi korespondensi contoh surat pribadi untuk teman, selain melestarikan kamu juga bisa merasakan kegembiraan juga kehangatan hubungan yang lebih pribadi dan lebih dalam dibanding dengan bertukar pesan singkat atau sms.