Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Bahasa Korea Dasar Percakapan Sehari hari Dijamin Mudah Untuk Dipahami.

Tahukah kamu mengkaji berbagai bahasa bisa menambah tingkat fokus dan kecerdasan berpikir, tak terkecuali dengan mengkaji bahasa korea. Yap, bahasa negeri gingseng ini mulai banyak diminati dan digemari oleh berbagai kalangan masyarakat indonesia. Mulai dari kalangan dewasa, bocah kecil sampai yg sudah pasti kaum remaja. Terlebih lagi  tidak salah jika kamu memilih bahasa korea sebagai skill tambahan untuk dicantumkan dalam cv, beberapa media pun menyatakan bahwa belajar bahasa korea tidaklah sesulit bahasa lainnya seperti bahasa Jepang ataupun Mandarin. Kamu Pun berkesempatan mendapatkan jenjang karir yang diidamkan banyak orang melalui belajar bahasa korea loh, salah satunya job sebagai translator, kerja di kedubes, hingga pergi merantau ke negeri gingseng ini. 

Pada Kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa kiat-kiat agar dapat belajar bahasa korea dasar percakapan menjadi makin asik dan mudah untuk dipahami.  Melalui tips dan trik ini, kamu juga bisa dengan gampangnya mengkaji dasar-dasar bahasa Korea. Ingatlah untuk terus berlatih keras dan belajar secara teratur untuk memperkuat kemampuan berbicara bahasa Korea kamu. 

Belajar Bahasa Korea Dasar Percakapan yang Harus Dihafal Dalam Berbagai Kondisi dan Situasi. 

Mulanya, Korea ditulis mengenakan aksara Tionghoa yang dikenal hanja. Di abad ke lima belas. Radja Sejong dari Korea membuat aksara Koreanya sendiri yang akrab dipanggili Hanggeul. Hanggeul terdiri dari dua puluh empat konsonan serta vokal, dibanding bahasa lain membuat bahasa Korea makin mudah dibaca dan ditulis. Di zaman modern ini, bahasa Korea semakin mendunia dengan popularitas K-pop, K-drama, serta film Korea. Saat ini, bahasa Korea menjadi salah satu bahasa yang masuk dalam kurikulum sekolah maupun universitas sebagai bahasa kedua atau bahasa asing. 

Bahasa Korea pun melakonkan peranan penting terhadap sejarah juga budaya bangsa Korea. Melimpahnya hasil karya sastra Korea, seperti puisi, drama hingga prosa. Bahasa Korea juga memperkaya musik, tarian, dan seni visual tradisional Korea. Bahasa ini mencapai peningkatan yang pesat dengan aturan baku dan standarisasi dengan strukturnya sendiri. Tentunya materi awal harus kamu hafal agar mampu membuat percakapan dasar adalah karakteristik, alfabet, dan banyak kosakata bahasa korea. Sebelum mencari metode asyik belajar yang cocok dan sesuai dengan style kamu mari kita ulas dahulu materi-materi yang wajib kamu ketahui.

Materi Bahasa Korea Dasar Percakapan.

Memulai materi dari dasar-dasar bahasa korea, yang akan kita ulas kali ini adalah alfabet Korea, kosakata dasar, tata bahasa dasar serta struktur bahasanya. Ini akan menolong kamu memahami dasar percakapan bahasa Korea.  

Karakteristik/partikularitas serta tata bahasa korea dasar.

Sifat dari setiap instrumen yang membentuk bahasa korea beberapa diantaranya memiliki ciri khas karakteristik yang harus kamu ketahui. 

Alfabet hangeul => dari penamaan sendiri alfabet bahasa korea dikenal sebagai hangeul/hangul, terdiri dari empat belas konsonan serta sepuluh vokal yang membangun dua puluh empat alfabet dasar. Karakteristik yang khas ialah alfabet bisa disatukan agar membangun suku kata/kalimat yang baru.

Struktur bahasa => keunikan dari konstruksi bahasa yang satu ini terletak pada penempatan objek yang dapat diposisikan di awal kalimat. Kata-kata tidak memiliki jenis kelamin, jadi kata benda serta kata sifat tak berubah saat dileburkan dengan kata ganti atau kata kerja. 

Kehormatan => berarti bahasa yang digunakan berbeda tergantung posisi kamu dan lawan biacara kamu, entah itu posisi sosial, kesenjangan umur, ataupun keakraban yang terjalin.

Pengucapan&bunyi => sebagian huruf alfabetnya memiliki kemiripan bunyi tetapi arti dari keduanya akan sangat berbeda jika kamu sampai salah pengucapannya.

Mengenal alfabet hangeul korea.

Konsonan dasar =>  [g/k],  [n],  [d/t],  [r/l],  [m],  [b/p],  [s],  [ng],  [j/ch],  [ch/tch],  [k],  [t],  [p],  [h]

Vokal dasar =>  [a],  [ya],  [eo],  [yeo],  [o],  [yo],  [u],  [yu],  [eu],  [i]

Ingatlah bahwa keunikan dari alfabet bisa disatukan agar membangun kata baru dengan komposisi konsonan dan vokal.

kosakata penting bahasa korea dasar percakapan.

안녕하세요 [annyeonghaseyo] - Hallo [ucapan selamat datang]

감사합니다 [gamsahamnida] - Terimakasih

 [ne] - Ya/iya

아니요 [aniyo] - Tidak

미안합니다 [mianhamnida] - Maaf

제발 [jebal] - Tolong

좋아요 [johayo] - Baik/setuju

나쁘지 않아요 [nappeujianh-aoyo] - Tidak buruk/not bad

너무 좋아요 [neomu joh-aoyo] - Sangat bagus/sangat setuju

이해하지 못해요 [ihaehaji mothaeyo] - aku tidak mengerti

뭐라고요? [mwolagoyo?] - Apa yang kau katakan?

이름이 뭐에요? [ireumi mwo-eyo?] - Siapa nama kamu?

 살이에요? [myeot sar-ieyo?] - Berapa umur kamu?

어디에 있어요? [eodi-e iss-eoyo?] - Di mana kau berada?

 해요? [mwo haeyo?] - Apa yang kau lakukan?

Contoh Percakapan Dasar Bahasa Korea dan Artinya. 

Contoh percakapan ibu dan anak.

Mamah :  시티 너는 학교 공부를 했어 [siti neoneun haggyo gongbuleul haess-eo]

artinya : siti kamu sudah mengerjakan tugas sekolah 

Siti : 하지만 배가 고파요먼저 먹고 싶어요 엄마 [ne, hajiman baega gopayo. meonjeo meoggo sip-eoyo eomma

artinya : sudah, tapi aku lapar. aku ingin makan dulu ya mah.

Mamah : 식당에 가자엄마가 좋아하는 음식을 준비할 것이다. [sigdang-e gaja, eommaga joh-ahaneun eumsig-eul junbihal geos-ida.

artinya : ayo ke ruang makan, mamah siapkan makanan kesukaan kamu ya

Siti :  그래감사합니다 엄마 [geulae, gamsahabnida eomma

arinya : yeay, makasih mah.

Contoh percakapan antara teman.

Lulu : 안녕 룰루 좋은 아침이야 [annyeong lullu joh-eun achim-iya] artinya : hai lulu selamat pagi  

Lili : 안녕 아침도 [annyeong achimdoartinya : hai, pagi juga

Lulu :  오늘 슬퍼 보여 [neo oneul seulpeo boyeo] artinya : kamu kelihatan sedih hari ini

Lili : 용돈을 놓쳐서 슬퍼요 [ne, yongdon-eul nohchyeoseo seulpeoyo] artinya : iya aku sedih karena uang jajan aku ketinggalan. 

Lulu : 그것 덕분에그렇다면 먼저  것을 사용하십시오. [geugeos deogbun-e. geuleohdamyeon meonjeo nae geos-eul sayonghasibsio] artinya : oh karena itu. kalau begitu pakai punyaku dulu saja. 

Lili : 정말고마워 친구들 [jeongmal? gomawo chingudeul] artinya : beneran? makasih teman

Selain contoh di atas kamu juga sebaiknya mempelajari Percakapan Bahasa Korea Sehari-hari dan Artinya : Materi Mudah Dihafal.

Kiat-Kiat asyik Belajar Bahasa Korea Dasar Percakapan. 

Nah akhirnya yang ditunggu-tunggu dibahas juga, bagaimana sih kita bisa belajar bahasa korea tapi gak mumet, tetep asyik tapi masuk ke otak kita ya? Jawabannya ada dibawah ini ya simak sampai habis.

Cari passion belajar yang kamu banget.

pertama yang paling ngaruh ialah gaya belajar kamu sendiri, gak usah takut hobi kamu akan menghalangi proses belajar kamu. Kamu bisa melakukan keduanya berbarengan loh, contoh kamu suka musik? maka belajar dengan musik caranya ikut hafal lyric lagu korea yang kamu suka dan hafalkan artinya perkata ya. Sama halnya dengan drakor atau film.  Cari tempat belajar yg bikin kamu fokus dan semangat, kalau kamu kurang suka sama suasana perpustakaan yang gitu-gitu aja, coba deh belajar di cafe atau coffee shop kesukaan kamu, belajar sambil chill dan relax.

Pelajari termakin dahulu kosa-kata dan Huruf. 

Pastikan kamu menguasai alfabet Korea terlebih dahulu. kamu haruslah  tahu juga mengerti cara membaca dan menulis karakter Korea. Bahasa Korea memiliki banyak kata dasar yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Mulai belajar kosakata dasar seperti angka, hari, bulan, nama belakang dan kata umum lainnya  

Memperagakan pelafalan sesering mungkin. 

Pengucapan memainkan peranan kunci dalam bahasa apapun. kamu hanya perlu mengkaji cara mengucapkan kata-kata dengan benar dan berlatih pengucapan secara teratur. Buatlah jadwal dan berlatih pelafalan diwaktu luang yang kamu miliki

Belajar have fun dengan visual.

Jika kamu adalah fans dari sebuah grup idola atau aktor/aktris drama, kamu bisa menerapkan cara belajar yg satu ini. Tontonlah berbagai macam acara entah itu variety show/serial/film atau bahkan sekedar interview idola kamu. Belajar menonton tanpa subtitle otomatis untuk mengasah kemampuan kamu berbahasa korea.